Langsung ke konten utama

Belahan Jiwa

Milad ke 30 kemarin ada salah satu yang mendoakan begini
Met Milad yun, smg tercapai apa yang diingini, segera ketemu belahan jiwanya, sukses ya

Jadi pengen nulis tentang belahan jiwa deh, karena gw jd kepikiran belahan jiwa itu seperti apa, apakah sama dengan kita, atau bagaimana. Kalau menulis kan sebelumnya gw jd baca dulu :)
Belahan jiwa itu kan bisa berarti istilahnya satu jiwa.
Seperti gayanya anak2 remaja kalau lagi kena VMJ yang pake gombalan2 aku dan kamu itu sama dengan sin 90  *haha

Belahan jiwa gw nantinya ya mungkin saja sosok yang mempunyai kualitas jiwa yang sama dg gw, kalau gw pengen seorang suami sholeh ya itu artinya gw harus sholehah dulu agar pantas mendapatkan yang sholeh
Sholeh/ah  berarti ia memiliki kulitas jiwa yang baik, jiwa yang nanti di surga akan di panggiil dengan panggilan rindunya Allah, panggilan mesranya Allah


Wahai jiwa yang tenang, kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhaiNya. Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hambaKU. Masuklah ke dalam surgaKU (QS Al- Fajr 27-30)

Nah , kalau kt memang orang yang bersungguh-sungguh dengan jiwa kita, menjaga kesuciannya inshaa Allah belahan jiwa kita  juga mungkin dia yang bersungguh-sungguh dengan jiwanya, sehingga kalau ketemu akan menjadi pasangan yang pas, klop, seperti enzim dan substratnya *halah ;P

Dalam QS An Nuur ayat 26

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ ۖ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ ۚ أُولَـٰئِكَ مُبَرَّءُونَ مِمَّا يَقُولُونَ ۖ لَهُم مَّغْفِرَةٌ وَرِزْقٌ كَرِيمٌ ﴿٢٦﴾
 Wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji; dan sebaliknya, laki-laki yang keji adalah untuk wanita yang keji. Begitu pula, wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik; dan sebaliknya, laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik. Jika demikian, maka bagaimana mungkin dapat terbayang suatu kekejian dapat terjadi pada diri seorang wanita yang terjaga, istri seorang lelaki yang baik lagi terpercaya, yaitu Rasulullah? Orang-orang yang baik itu bebas dari tuduhan yang dilontarkan orang-orang yang keji. Dosa- dosa kecil mereka--yang tak seorang manusia pun luput darinya--akan mendapat ampunan dari Allah. Bagi mereka juga penghormatan yang agung, berupa kenikmatan dan kebaikan surga.

Dari surat tersebut kita diberitahu bahwa wanita yang baik hanya pantas bersanding dengan laki2 yang baik ,begitu juga sebaliknya (bukan berarti pasti mendapatkan yang sama loh). Karena ada juga yang memang tidak sepadan,
Contohnya
Nabi Luth-isteri, Nabi Nuh dan isteri.
Isteri-isteri yang dimurkai Allah ini kelak akan berada di tempat yang sama

"Masuklah kalian berdua ke dalam neraka bersama yang lain." (QS At Tahrim : 10)

 Fir'aun dan isteri
Fir'aun yang begitu keji dan menganggap dirinya Tuhan justeru memiliki isteri sebaik Asiah. *baca ceritanya ya yang belum tahu

وَضَرَبَ اللَّهُ مَثَلًا لِّلَّذِينَ آمَنُوا امْرَأَتَ فِرْعَوْنَ إِذْ قَالَتْ رَبِّ ابْنِ لِي عِندَكَ بَيْتًا فِي الْجَنَّةِ وَنَجِّنِي مِن فِرْعَوْنَ وَعَمَلِهِ وَنَجِّنِي مِنَ الْقَوْمِ الظَّالِمِينَ ﴿١١﴾

(11) Allah memberikan perumpamaan istri Fir'aun kepada orang-orang Mukmin, ketika ia berkata, "Ya Tuhanku, bangunlah untukku sebuah rumah yang dekat dengan rahmat Engkau di surga. Selamatkanlah aku dari kekuasaan dan perbuatan Fir'aun yang sangat lalim, dan selamatkanlah aku dari kaum yang melampaui batas."

Bukankah begitu cantik jiwa Asiah hingga ia dipakai untuk perumpaan oleh Allah kepada orang-orang mukmin?
Kemudian, kalau yang 2 sejoli di dunia-akhirat, kekal, contohnya Abu lahab dan isteri, tapi yang ini jiwanya ga dipanggil mesra sama Allah nantinya, malah namannya disebut dengan kebencian oleh Allah dalam salah satu surat yaitu surat Al Lahab. Naudzubillah :"(

Maka, selagi taqdir itu belum terungkap masih ada waktu untuk berikhtiyar, bersungguh-sungguh dengan jiwa kita, bersungguh-sungguh mensucikannya, karena gw sendiri berfiikir, ternyata masih begitu buruk keadaanya :"(. Menjawab pertanyaan ini mebuat gw mengernyit, masih banyak sekali PR buat jiwa gw

  1. Benarkan mengaku cinta sama Allah? Seseorang yang mencintai manusia lainnya akan senang membaca pesan darinya, kalau sms mungkin sms2 yang sudah2 masih disimpan dan sering dibaca, sayaaang buat dihapus.
Nah , sudah seberapa senangkah jiwa ini membaca surat2Nya?
Ustadh Fadlyl Usman Baharun dalam status efbe beliau menulis: jadikanlah Al-Qur'an wirid harian.. Bacalah ia sebagaimana sahabat membacanya..yaitu mereka membagi bacaan dalam 7 hijb (kelompok bacaan)  misalnya hari pertama membaca hijb pertama (QS Al-Fatihah s.d QS An-Nisa)..hampir 5 juz dalam sehari..itulah para Shahabat membaca Al-Qur'an..
*dan kiita tahu bagaimana kualitas jiwa para Shahabat bukan?

  1. Shalat malam
Harusnya detik2 malam yang mahal itu bener2 dapat kita manfaatkan untuk memenuhi kebutuhan jiwa kita, karena mesin keimanan terbesar ada di sana. Sepertiga malam kita habiskan dengan benar2 merasa butuh dengan Allah, merasa senang dekat dengan  Allah, bukan perasaan yang terkadang menjadikan qiyamul lail hanya menjadi rutinitas belaka :'(

Masih banyak pertanyaan2 lain yang bisa kita buat dan kita tanyakan untuk mengevaluasi diri sendiri
Semoga bisa menjadi salah satu jalan mujahadah kita pada Allah, karena setelah dievalusi biasanya setelah itu remidi kan ya? He
Sehingga Allah SWT berkenan memberikan belahan jiwa yang baik untuk kita nantinya
Aamiin

Astaghfirullahal'adzim
Wallhua'lam bishowab

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hal-hal yang mengotori hati  

Bismillahirrahmanirrahim #catatan kajian bersama Aa Gym#

Kita selalu menjaga agar baju yang kita pakai tdk kotor, agar sandal sepatu kita tidak kotor, atau motor/mobil jangan sampai kotor atau ada lecetnya Apa yang terjadi jika setelah makan ada kotoran yang mengenai jilbab/ baju kita, dan setelah bercermin ternyata noda tersebut besar adanya. Mestinya kita akan malu jika pakaian/jilbab dg kotoran yang tampak itu tetap kita pakai betemu dengan rekan-rekan kita, kita ingin menggantinya dengan yang bersih Begitu juga dengan kendaaraan kita jika ada lecet terserempet maka kita akan segera membawanya ke bengkel, meskipun mungkin lecet yang tidak seberapa , tapi tidak begitu dengan hati Kita mungkin jarang dengan begitu sungguh sungguh menjaga agar hati kita tdk kotor, agar ia tetap menjadi hati yang bersih agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Kita seperti tidak menyadari ketika kita lalai dari Allah, dengan dosa berarti kita mebuat satu luka di hti yang mungkin dengan luka itu membuat…

Bagaimana Cara Hidupmu, Begitulah Nanti Cara Matimu Bagaimana Kondisi Matimu, Seperti Itu Pula Kamu Dibangkitkan Dari Kuburmu

Catatan khutbah Ust Bachtiar Nasir yang saya download ini untuk saya sendiri sangat nampol , rasanya seperti ditampar oleh sebuah kebenaran. Bagaimana tidak kita sering sekali lalai bahwa kita begitu dekat dengan kematian, bagaimana jika saat itu datang dan kita berada dalam kemaksiatan, kita berada dalam ketidak taatan kita pada Allah, kita masih terbelenggu oleh kebiasaan kebiasaan kita melalaikan waktu, dalam keingkaran kita pada semua nikmatnya, nikmat kesehatan, nikmat penglihatan, nikmat – nikmatnya yang tak terbilang, astaghfirullah
Kematian itu tidak mengenal usia teman Kematian itu sama dengan rezeki, bukan dikejar, bukan dicari, kematian itu mendatangi kita
Bertaqwalah pada Allah  dengan taqwa yang sesungguhnya JANGAN SAMBIL LALU Dunia ini penuh dengan tipu daya Kalau kita tidak bersungguh sungguh menjual diri pada Allah artinya kita telah menjual diri pada sesuatu yang semu
Manusia di dunia ini pada umumnya mencari krhidupan yang semu, dan lari dari kematian Sedangkan para mujahid…
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ 
Doa yang biasa saya baca ketika akan Qiyamul lail


Allahumma Rabba Jibriila wa Mikaaiila wa Israafiila Faathiros-samawaati wal ardhi ‘aalimal-ghaibi wasy-syahaadati anta tahkumu baina ‘ibaadika fiima kaanuu fiihi yakhtalifuuna ihdinii limakhtulifa fiihi minal-haqqi bi-idznika innaka tahdii man tasyaa-u ilaa shiraatim-mustaqiim
“Ya Allah, Rabb Jibril, Mikail dan Israfil. Wahai Pencipta langit dan bumi.Wahai Rabb yang mengetahui hal-hal yang ghaib dan nyata. Engkau yang menghukumi (memutuskan) di antara hamba-hambaMu dalam perkara yang mereka perselisihkan. Tunjukkanlah aku, dengan seizinMu, pada kebenaran dalam perkara yang mereka perselisihkan. Sesungguhnya Engkau menunjukkan jalan yang lurus bagi orang-orang yang Engkau kehendaki.”)(HR Muslim  1289)
karena sebagai manusia saya merasa bodoh bodoh di hadapan ilmunya yang sangat kaya, yang tak habis jika 7 lautan sesudah keringnya sebagai tinta dan pohon-pohon sebagai pena (QS ; 31 : 27)
bodoh kare…